Atmosfer adalah campuran gas (termasuk nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon dan sejumlah gas mulia) yang ada di ruang bebas. Kondisi atmosfer meliputi suhu, tekanan udara dan kelembaban. Atmosfer mengandung uap air, yang menciptakan lingkungan yang reaktif secara elektrokimia yang memfasilitasi reaksi korosi dan oksidasi. Korosi atmosfer adalah jenis korosi yang dialami oleh logam yang terpapar ke atmosfer. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai ulasan ini, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Atmosfer

Atmosfer (dari Ancientτμός Yunani Kuno (atmos), yang berarti ‘uap’, dan σφαῖρα (sphaira), yang berarti ‘bola’ atau ‘bola’ jadi atmosfer adalah lapisan atau sekumpulan lapisan gas yang mengelilingi sebuah planet atau tubuh material lainnya, yang dipegang oleh gravitasi tubuh itu. Atmosfer lebih mungkin dipertahankan jika gravitasi yang ditimbulkannya tinggi dan suhu atmosfer rendah.

Atmosfer Bumi terdiri dari nitrogen (sekitar 78%), oksigen (sekitar 21%), argon (sekitar 0,9%), karbon dioksida (0,04%) dan gas-gas lain dalam jumlah jejak. Oksigen digunakan oleh sebagian besar organisme untuk pernapasan; nitrogen difiksasi oleh bakteri dan kilat untuk menghasilkan amonia yang digunakan dalam konstruksi nukleotida dan asam amino dan karbon dioksida digunakan oleh tanaman, ganggang dan cyanobacteria untuk fotosintesis.

Atmosfer membantu melindungi organisme hidup dari kerusakan genetik oleh radiasi ultraviolet matahari, angin matahari dan sinar kosmik. Komposisi atmosfer Bumi saat ini adalah hasil modifikasi biokimia milyaran tahun dari paleoatmosfer oleh organisme hidup.

Mulai dari adanya proses ionisasi, terjadinya banyak muatan listik, adanya aurora, dan fenomena alam lainnya menggambarkan bahwa adanya kejadian alam bukan hanya di bumi. Atmosfer yang hanya kumpulan gas gas dan lapisan ini juga mampu menghasilkan fenomena yang menggiurkan.

Istilah atmosfer bintang menggambarkan wilayah terluar bintang dan biasanya termasuk bagian di atas foto buram. Bintang dengan suhu yang cukup rendah mungkin memiliki atmosfer luar dengan molekul senyawa.

Struktur Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi terdiri dari sejumlah lapisan yang berbeda sifatnya seperti komposisi, suhu dan tekanan. Lapisan terendah adalah troposfer, yang memanjang dari permukaan ke bagian bawah stratosfer. Tiga perempat massa atmosfer berada di dalam troposfer dan merupakan lapisan di mana cuaca terestrial bumi berkembang.

Kedalaman lapisan ini bervariasi antara 17 km di khatulistiwa hingga 7 km di kutub. Stratosfer, membentang dari bagian atas troposfer ke bagian bawah mesosfer, berisi lapisan ozon. Lapisan ozon berkisar pada ketinggian antara 15 dan 35 km dan merupakan tempat sebagian besar radiasi ultraviolet dari Matahari diserap.

Bagian atas mesosfer, berkisar antara 50 hingga 85 km dan merupakan lapisan tempat sebagian besar meteor terbakar. Termosfer memanjang dari 85 km ke dasar eksosfer pada 400 km dan berisi ionosfer, sebuah wilayah di mana atmosfer terionisasi oleh radiasi matahari yang masuk.

Ionosfer bertambah tebal dan bergerak lebih dekat ke Bumi pada siang hari dan naik pada malam hari sehingga memungkinkan frekuensi komunikasi radio tertentu lebih besar. Garis Kármán, yang terletak di dalam termosfer pada ketinggian 100 km, umumnya digunakan untuk menentukan batas antara atmosfer Bumi dan luar angkasa.

Eksosfer mulai bervariasi dari sekitar 690 hingga 1.000 km di atas permukaan, di mana ia berinteraksi dengan magnetosfer planet. Masing-masing lapisan memiliki laju putaran yang berbeda, yang menentukan laju perubahan suhu dengan ketinggian.

Manfaat Atmosfer Di Bumi

Tanpa lapisan pelindung gas yang membentuk atmosfer Bumi, kondisi keras tata surya akan membuat planet ini menjadi kulit yang gersang dan tak bernyawa seperti bulan. Atmosfer bumi melindungi dan menopang penghuni planet ini dengan memberikan kehangatan dan menyerap sinar matahari yang berbahaya.

Selain mengandung oksigen dan karbon dioksida, yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan hidup, atmosfer menjebak energi matahari dan menangkal banyak bahaya ruang. Berikut adalah menfaat atmosfer bagi bumi:

• Suhu

Salah satu manfaat paling penting yang diberikan atmosfer adalah menjaga suhu Bumi. Di bulan, yang tidak memiliki atmosfer pelindung, suhu dapat berkisar dari 121 derajat Celsius di bawah sinar matahari (250 derajat Fahrenheit) hingga negatif 157 derajat Celsius di tempat teduh (negatif 250 derajat Fahrenheit).

Namun di Bumi, molekul-molekul di atmosfer menyerap energi matahari begitu ia tiba, akan menyebarkan kehangatan itu ke seluruh planet. Molekul juga memerangkap energi yang dipantulkan dari permukaan, mencegah sisi malam planet menjadi terlalu dingin.

• Radiasi

Atmosfer berfungsi sebagai perisai pelindung terhadap radiasi dan sinar kosmik. Matahari menyerang tata surya dengan radiasi ultraviolet dan tanpa perlindungan, radiasi itu dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan mata. Lapisan ozon yang tinggi di atmosfer bumi menghalangi sebagian besar radiasi ini untuk mencapai permukaan.

Lapisan padat gas molekuler juga menyerap sinar kosmik, sinar gamma dan sinar-x, mencegah partikel-partikel energetik ini menyerang makhluk hidup dan menyebabkan mutasi dan kerusakan genetik lainnya. Bahkan selama suar matahari, yang dapat sangat meningkatkan keluaran merusak matahari, atmosfer mampu memblokir sebagian besar efek berbahaya.

• Perlindungan Fisik

Tata surya mungkin tampak seperti tempat yang luas dan kosong, tetapi dalam kenyataannya itu penuh dengan puing-puing dan partikel kecil yang tersisa dari penciptaan planet atau tabrakan di sabuk asteroid. Menurut NASA, lebih dari 100 ton puing ruang menimpa Bumi setiap hari, sebagian besar dalam bentuk debu dan partikel kecil.

Namun, ketika mereka berhadapan dengan molekul-molekul yang membentuk atmosfer Bumi, gesekan yang dihasilkan menghancurkan mereka jauh sebelum mereka mencapai tanah. Bahkan meteor yang lebih besar dapat pecah karena tekanan masuk kembali di atmosfer, membuat meteor bencana menghantam kejadian yang sangat langka. Tanpa perlindungan fisik atmosfer, maka permukaan bumi akan menyerupai bulan, yang penuh dengan kawah tumbukan.

• Cuaca dan Air

Atmosfer juga melayani tujuan penting sebagai media untuk pergerakan air. Uap menguap dari lautan, mengembun saat mendingin dan jatuh sebagai hujan, memberikan kelembaban yang memberi kehidupan ke daerah-daerah lain yang kering di benua. Menurut Survei Geologi A.S., atmosfer Bumi menampung sekitar 12.900 kilometer kubik (3.100 mil kubik) air pada suatu waktu tertentu. Tanpa atmosfer, itu hanya akan mendidih ke ruang angkasa, atau tetap beku di saku di bawah permukaan planet ini.

Lapisan Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi memiliki serangkaian lapisan, masing-masing dengan sifat spesifiknya sendiri. Bergerak ke atas dari permukaan tanah, lapisan-lapisan ini dinamai troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Eksosfer secara bertahap memudar ke ranah ruang antarplanet.

• Troposfer

Troposfer adalah lapisan terendah atmosfer kita. Mulai dari permukaan tanah, memanjang ke atas sekitar 10 km (6,2 mil atau sekitar 33.000 kaki) di atas permukaan laut. Manusia hidup di troposfer dan hampir semua cuaca terjadi di lapisan terendah ini. Sebagian besar awan muncul di sini, terutama karena 99% uap air di atmosfer ditemukan di troposfer. Tekanan udara turun dan suhu menjadi lebih dingin, saat Anda naik lebih tinggi di troposfer.

• Stratosfir

Lapisan berikutnya disebut stratosfer. Stratosfer memanjang dari atas troposfer hingga sekitar 50 km (31 mil) di atas tanah. Lapisan ozon yang terkenal ditemukan di dalam stratosfer. Molekul ozon di lapisan ini menyerap sinar ultraviolet (UV) berenergi tinggi dari Matahari, mengubah energi UV menjadi panas.

Peningkatan suhu dengan ketinggian terjadi karena penyerapan radiasi ultraviolet (UV) dari matahari oleh ozon ini. Suhu di stratosfer tertinggi di kutub musim panas dan terendah di kutub musim dingin. Dengan menyerap radiasi UV yang berbahaya, ozon di stratosfer melindungi kita dari kanker kulit dan kerusakan kesehatan lainnya.

Namun bahan kimia (disebut CFC atau freon dan halon) yang pernah digunakan dalam lemari es, kaleng semprotan dan alat pemadam kebakaran telah mengurangi jumlah ozon di stratosfer, terutama di garis lintang kutub, yang mengarah ke apa yang disebut “lubang ozon Antartika”.

• Mesosfer

Di atas stratosfer adalah mesosfer. Itu memanjang ke atas hingga ketinggian sekitar 85 km (53 mil) di atas planet kita. Sebagian besar meteor terbakar di mesosfer. Berbeda dengan stratosfer, suhu sekali lagi tumbuh lebih dingin saat Anda naik melalui mesosfer.

Suhu terdingin di atmosfer Bumi, sekitar -90 ° C (-130 ° F), ditemukan di dekat bagian atas lapisan ini. Udara di mesosfer terlalu tipis untuk bernapas; tekanan udara di bagian bawah lapisan jauh di bawah 1% dari tekanan di permukaan laut dan terus menurun saat Anda naik lebih tinggi.

• Termosfer

Lapisan udara yang sangat langka di atas mesosfer disebut termosfer. Sinar-X berenergi tinggi dan radiasi UV dari Matahari diserap dalam termosfer, menaikkan suhunya hingga ratusan atau kadang-kadang ribuan derajat. Namun, udara di lapisan ini sangat tipis sehingga akan terasa sangat dingin.

Termosfer lebih seperti ruang luar dari pada bagian atmosfer. Banyak satelit yang mengorbit Bumi di dalam termosfer. Variasi dalam jumlah energi yang berasal dari Matahari memberikan pengaruh kuat pada ketinggian bagian atas lapisan ini dan suhu di dalamnya.

Karena itu, bagian atas termosfer dapat ditemukan dimana saja antara 500 dan 1.000 km (311 hingga 621 mil) di atas tanah. Suhu di termosfer atas dapat berkisar dari sekitar 500 ° C (932 ° F) hingga 2.000 ° C (3.632 ° F) atau lebih tinggi. Aurora, Lampu Utara dan Lampu Selatan, terjadi di termosfer.

• Eksosfer

Meskipun beberapa ahli menganggap termosfer sebagai lapisan paling atas dari atmosfer kita, yang lain menganggap eksosfer sebagai “batas akhir” aktual dari amplop gas Bumi. Seperti yang Anda bayangkan, “udara” di eksosfer sangat-sangat tipis, yang membuat lapisan ini lebih mirip ruang dari pada termosfer.

Faktanya, udara di eksosfer terus-menerus meski sangat bertahap “bocor” keluar dari atmosfer Bumi ke luar angkasa. Tidak ada batas atas yang jelas dimana eksosfer akhirnya menghilang ke ruang angkasa. Definisi berbeda menempatkan bagian atas eksosfer di suatu tempat antara 100.000 km (62.000 mil) dan 190.000 km (120.000 mil) di atas permukaan bumi. Nilai terakhir sekitar setengah ke Bulan!

• Ionosfir

Ionosfer bukanlah lapisan yang berbeda seperti yang disebutkan di atas. Alih-alih, ionosfer adalah serangkaian daerah di bagian mesosfer dan termosfer dimana radiasi energi tinggi dari Matahari telah menjatuhkan elektron yang terlepas dari atom dan molekul induknya. Atom dan molekul bermuatan listrik yang dibentuk dengan cara ini disebut ion, yang memberi nama ionosfer dan memberi daerah ini sejumlah sifat khusus.

Sekian penjelasan mengenai ulasan di atas. Dimana atmosfer memiliki tujuan khusus, yakni sebagai pelindung bumi sekaligus menjaga kestabilan suhu, cuaca dan kelembaban udara yang ada di dalam bumi. Atmosfer juga mampu menyeimbangkan dan menstabilkan keadaan yang di bumi dengan luar. Jadi, atmosfer ini sangat bermanfaat bagi kehidupan di bumi.