Seperti semua ekosistem, ekosistem laut sangat seimbang dan sangat kompleks. Ada banyak bagian berbeda yang membentuk ekosistem dan setiap bagian memainkan peran dalam menjaga keseimbangan di dalam sistem. Organisme bergantung pada kondisi lingkungan fisiokimia dalam ekosistem tersebut. Uniknya ekosistem laut ini hanya dihuni oleh biota laut saja mulai dari hewan bersel satu, invertebrata, mamalia sampai dengan beragam tanaman laut seperti terumbu karang dan rumput laut.

Ekosistem dapat bervariasi dalam ukuran, tetapi semua memiliki bagian yang berinteraksi dengan dan bergantung satu sama lain. Nah disini saya akan membahas mengenai ekosistem laut. Untuk mengetahui lebih lagi mengenai ekosistem air laut ini, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Apa Itu Ekosistem Air Laut?

Ekosistem laut adalah salah satu ekosistem air terbesar di Bumi yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Sistem ini berbeda dengan ekosistem air tawar, yang memiliki kandungan garam lebih rendah. Perairan laut mencakup lebih dari 70% permukaan Bumi dan mencakup lebih dari 97% pasokan air Bumi dan 90% ruang layak huni di Bumi.

Ekosistem laut mencakup sistem dekat pantai, seperti rawa-rawa garam, dataran lumpur, padang lamun, hutan bakau, sistem intertidal berbatu dan terumbu karang. Dan juga keluar dari pantai untuk memasukkan sistem lepas pantai, seperti permukaan laut, perairan laut pelagis, laut dalam, lubang hidrotermal samudera dan dasar laut.

Daerah laut yang berbeda dapat diklasifikasikan sebagai berbagai jenis ekosistem laut. Ekosistem didefinisikan sebagai “komunitas dan interaksi benda-benda hidup dan tak hidup di suatu area”. Ekosistem laut memiliki organisme dan karakteristik berbeda yang dihasilkan dari kombinasi unik dari faktor fisik yang menciptakannya.

Ekosistem laut meliputi: dataran abyssal (daerah seperti karang laut dalam, paus jatuh, dan kolam air asin), daerah kutub seperti Antartika dan Arktik, terumbu karang, laut dalam (seperti komunitas yang ditemukan di kolom air abyssal), ventilasi hidrotermal, hutan rumput laut, bakau, lautan terbuka, pantai berbatu, rawa-rawa garam dan dataran lumpur, serta pantai berpasir.

Faktor fisik lain yang menentukan distribusi ekosistem laut adalah geologi, suhu, pasang surut, ketersediaan cahaya, dan geografi. Ekosistem air laut ini terdiri atas beberapa ekosistem lainnya yakni ekosistem perairan dalam, ekosistem pantai pasir dangkal atau bitarol dan ekosistem pasang surut.

Ekosistem air laut ini didominasi oleh perairan asin yang sangat luas dan merupakan ekosistem yang menjadi tempat tinggal berbagai biota laut, mulai dari hewan ber sel satu, mamalia, invertebrata, hingga tanaman- tanaman laut seperti alga dan terumbu karang. Di bumi juga merupakan satu-satunya planet yang memiliki cadangan air dan udara yang sangat banyak. Sehingga menjadi faktor terpenting dalam menunjang kelangsungan mahluk hidup.

Fakta Mengenai Dasar Ekosistem Laut

Ekosistem laut memiliki organisme dan karakteristik berbeda yang dihasilkan dari kombinasi unik seperti faktor fisik yang dibentuk. Ekosistem laut meliputi: dataran abyssal (daerah seperti karang dalam laut, paus jatuh dan kolam air asin), daerah kutub seperti Antartika dan Arktik, terumbu karang, laut dalam (seperti komunitas yang ditemukan di kolom air abyssal), ventilasi hidrotermal, hutan rumput laut, bakau, lautan terbuka, pantai berbatu, rawa-rawa garam dan dataran lumpur, serta pantai berpasir.

Berikut adalah fakta mengenai dasar ekosistem laut yaitu:

• Hewan Ekosistem Air Laut

Ekosistem laut mendukung keragaman kehidupan yang luar biasa dengan berbagai habitat yang berbeda. Mereka dapat dikategorikan ke dalam kelompok berdasarkan tempat mereka tinggal (bentik, samudera, neritik, intertidal) serta karakteristik seperti (vertebrata, invertebrata, plankton). Contoh spesifik hewan laut termasuk bulu babi, kerang, ubur-ubur, karang, anemon, cacing tersegmentasi dan non-segmentasi, ikan, pelikan, lumba-lumba, fitoplankton dan zooplankton.

• Tanaman Ekosistem Air Laut

Anda dapat menemukan banyak jenis tanaman di laut, termasuk rumput laut, alga (merah, hijau, coklat), rumput laut (satu-satunya tanaman berbunga di ekosistem laut) dan bakau.

• Iklim Ekosistem Air Laut

Ekosistem laut ditemukan di berbagai bagian Bumi, jadi tidak mengherankan jika mengetahui bahwa iklim laut dapat bervariasi dari tropis ke kutub. Iklim lain yang ditemukan di ekosistem laut termasuk monsoon, subtropical, temperate dan subpolar.

Jenis-jenis Ekosistem Air Laut

Ekosistem air laut merupakan ekosistem yang beraneka ragam. Seperti namanya, ekosistem ini adalah jenis interaksi yang terjadi di wilayah perairan laut dengan ciri khas konsentrasi dari garam yang tinggi atau di wilayah perairan yang asin dengan wilayah yang sangat luas. Berkut adalah jenis-jenis dari sistem ekosistem air laut.

1. Ekosistem perairan laut dalam

Ekosistem ini memiliki ciri spesifik, yaitu tidak terjangkau oleh sinar matahari. Sebagai akibatnya, di ekosistem ini tidak ditemukan organisme fotoautotrof. Jumlah detritivora (pengurai), karnivora (pemakan daging), dan saprofor (pemakan sampah) sangat melimpah di dalam ekosistem ini. Banyak di antara organisme ini dilengkapi dengan organ yang dapat mengeluarkan cahaya dan mempunyai mata yang sangat peka.

Hal ini sebagai adaptasi terhadap keadaan lingkungan yang gelap. Daur mineral pada ekosistem perairan laut dalam terjadi karena gerakan air dalam pantai ke tengah laut pada lapis atas. Perpindahan air ini digantikan oleh air dari daerah yang terkena cahaya, sehingga terjadi perpindahan air dari lapis bawah ke atas.

2. Ekosistem Pantai

Ekosistem air laut selanjutnya adalah jenis ekosistem yang paling mudah dijumpai, yaitu ekosistem pantai. Ekosistem ini memiliki ciri khas wilayahnya yang berbatasan dengan ekosistem darat dan terletak pada daerah pasang surut. Karena letaknya inilah jenis ekosistem ini sangat dipengaruhi oleh siklus pasang dan surut dari ait laut.

Untuk organismenya, pada jenis ekosistem ini, organisme penghuninya harus memiliki kemampuan kemampuan yang memungkinkannya bisa melekat pada molekul organik yang keras sebagai penjaga dari hempasan ombak. Contohnya, remis, moluska, ganggang, anemon laut, kerang dan beberapa contoh organisme lain.

3. Ekosistem Estuari (Muara)

Ekosistem estuari (muara) adalah ekosistem tempat bersatunya air sungai dan air laut. Ekosistem ini sering dipagari lempengan lumpur intertidal dan rawa garam. Salinitas air dalam ekosistem ini berubah bertahap mulai dari daerah tawar ke asing. Salinitas juga dipengaruhi siklus harian pasang surut.

Ekosistem Muara ini menggambarkan daerah dangkal yang dangkal dari mulut sungai di mana air tawar bercampur dengan air asin ketika memasuki laut, meskipun istilah ini juga dapat merujuk ke daerah lain dengan air payau yang mengalir, seperti laguna atau glade. Tingkat salinitas bervariasi dengan ombak dan volume aliran keluar dari sungai.

Organisme yang mendiami muara secara khusus disesuaikan dengan kondisi yang berbeda ini; karenanya, keragaman spesies cenderung lebih rendah daripada di laut terbuka. Namun, spesies yang umumnya mendiami ekosistem di sekitarnya kadang-kadang dapat ditemukan di muara. Muara juga melayani fungsi penting sebagai pembibitan untuk banyak jenis ikan dan udang.

4. Terumbu Karang

Di laut tropis, daerah neritik yang perairannya masih dapat ditembus matahari sering ditumbuhi suatu komunitas khusus berupa karang batu dan organisme-organisme tertentu. Komunitas ini adalah ekosistem terumbu karang. Ekosistem terumbu karang didominasi pertumbuhan karang (koral) kelompok Cnidaria. Hewan-hewan yang ada di ekosistem terumbu karang memakan mahluk hidup mikroskopis dan sisa bahan organik lainnya.

Terumbu karang adalah subtipe khusus dari ekosistem dasar laut. Hanya ditemukan di perairan tropis yang hangat yang berada pada kedalaman yang relatif dangkal. Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem paling produktif di planet ini. Sekitar seperempat spesies laut bergantung pada terumbu karang untuk makanan, tempat tinggal atau keduanya.

Sementara terumbu karang terkenal untuk menarik ikan eksotis berwarna cerah, sejumlah besar spesies lainnya seperti: siput, spons dan kuda laut, dll thidup dalam terumbu karang. Terumbu karang itu sendiri dihasilkan oleh hewan-hewan sederhana yang membangun kerangka eksternal di sekitar mereka.

5. Ekosistem Muara Lahan Basah Garam

Ditemukan di daerah pantai, lahan basah air asin dapat dianggap sebagai tipe khusus muara, karena mereka juga terdiri dari zona transisi antara darat dan laut. Lahan basah ini dapat dibagi menjadi dua kategori: rawa air asin dan rawa-rawa garam. Rawa dan rawa berbeda karena rawa sebelumnya didominasi oleh pepohonan sementara yang terakhir didominasi oleh rumput atau alang-alang. Ikan, kerang, amfibi, reptil dan burung dapat hidup di musim atau bermigrasi ke lahan basah. Selain itu, lahan basah berfungsi sebagai penghalang pelindung bagi ekosistem pedalaman, karena mereka menyediakan penyangga dari gelombang badai.

• Ekosistem Mangrove

Beberapa daerah pesisir tropis dan subtropis adalah rumah bagi jenis rawa air asin khusus yang dikenal sebagai bakau. Mangrove dapat dianggap sebagai bagian dari ekosistem garis pantai atau ekosistem muara. Rawa bakau dicirikan oleh pepohonan yang mentoleransi lingkungan salin, yang sistem akarnya membentang di atas garis air untuk mendapatkan oksigen, menghadirkan jaring yang mirip mazelike. Mangroves memiliki keanekaragaman hayati yang luas, termasuk bunga karang, udang, kepiting, ubur-ubur, ikan, burung dan bahkan buaya.

Manfaat Ekosistem Air Laut

Ekosistem laut adalah salah satu ekosistem perairan Bumi. Mereka termasuk: lautan, muara dan laguna, bakau dan terumbu karang, laut dalam dan dasar laut. Ini adalah waduk raksasa air yang meliputi sekitar 71% dari permukaan Bumi (seluas sekitar 361 juta kilometer persegi).

Ekosistem ini berbeda dari ekosistem air tawar terutama karena air asinnya. Konsentrasi garam di laut terbuka biasanya 3,5% (35 bagian per seribu/ppt). Ion dominan adalah natrium dan klorida. Suhu rata-rata ekosistem laut adalah 2-3 derajat celcius, tanpa cahaya. Ekosistem laut merupakan ekosistem yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat dari ekosistem air laut antara lain:

• Sebagai sumber makanan bagi manusia, baik hewani muapun nabati.
  • Sebagai pengontrol iklim di dunia
  • Sebagai pembengkit listrik tenaga angin, tenaga ombak, dan tenaga pasang surut.
  • Sebagai tempat rekreasi dan hiburan
  • Sebagai tempat budidaya ikan, kerang mutiara, rumput laut, dan lainsebagainya.
  • Sebagai tempat barang tambang berada
  • Sebagai tempat penelitian dan juga riset
  • Sebagai sumber air minum
  • Sebagai tempat jalur taransportasi.
  • Sebagai tempat mata pencaharian penduduk lokal.

Mengurangi satu komponen ekosistem dapat mempengaruhi bagian lain. Jika Anda pernah mendengar pendekatan ekosistem frase, itu adalah jenis pengelolaan sumber daya alam yang melibatkan pengambilan keputusan mengenai seluruh ekosistem. Filosofi ini menyadari bahwa segala sesuatu dalam ekosistem saling berhubungan.

Air merupakan zat yang mengelilingi seluruh organisme laut. Air laut juga merupakan bagian penyusun atau pembentuk tubuh tumbuh-tumbuhan dan binatang binatang laut. Selain itu, pada umumnya ekosistem air laut mempunyai tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi sehingga diperkirakan memiliki ketahanan yang baik terhadap spesies invasif. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.